Halaman

Selasa, 04 Februari 2014

10 Produk Gagal Facebook

Untuk memperingati ulang tahun Facebook yang ke-10, tentang produk-produk Facebook. Ternyata tidak semua produk yang diperkenalkan sama Facebook ini sukses. Selama ini ternyata Facebook banyak mengeluarkan produk-produk yang kurang diminati kemudian dinonaktifkan. Inilah info selengkapnya.


1. Facebook Beacon
Produk ini akan melacak kebiasaan pengguna yang suka berbelanja online kemudian Facebook kerjasama dengan pembuat iklan untuk memberi rekomendasi user lain.

Namun karena banyak yang protes karena masalah privasi, Facebook pada akhirnya menonaktifkan produk ini.

2. Facebook Credits
Permainan seperti Farmvile atau Zynga Poker merajalela, Facebook buat terobosan bernama Facebook credit. Seperti mata uang virtual untuk membeli sebuah benda yang terdapat di aplikasi atau permainan Facebook. Namun karena adanya paypal yang lebih flexible, ini jadi kurang efisien akhirnya Facebook menonaktifkan Facebook Credit ini pada 2012.

3. Facebook Places
Untuk menyaingi Foursquare, Facebook membuat produk ini. Aplikasi ini digunakan untuk penguna ketika ia memperbarui status, akan ada lokasi dimana anda memperbarui status tersebut. Tapi karena banyaknya pengguna yang kurang menyukai aplikasi ini akhirnya Facebook menggantinya dengan “Nearby Places”.

4. Facebook Deals
Pada tahun 2011 Facebook membuat produk untuk menyaingi Groupon atau Livingsocial untuk memberi informasi deals untuk bisnis lokal. Produk ini sudah dicoba di 5 kota berbeda namun akhirnya produk ini tidak dilanjutkan perkembangannya.

5. Facebook Subscribe
September 2011, Facebook meluncurkan Facebook Subscribe, Produk ini digunakan untuk berlangganan dengan orang-orang populer atau siapapun yang tidak melakukan pertemanan dengan Pengguna tersebut. Namun kemudian Facebook rebranding menjadi "Follow".

6. Facebook On This Day
Facebook memperkenalkan fitur ini untuk memberikan informasi tentang teman kamu yang menulis apa di statusnya pada tanggal dan bulan ini beberapa tahun lalu. Namus sayangnya fitur ini tidak bertahan lama.

7. Facebook Sponsored Stories
Fitur ini bakalan muncul ketika kamu ada di bussines place, ketika kamu memberikan komentar akan muncul informasi berapa kali cek ini di status itu. Ini menjadi masalah yang membuat Facebook dituntut US$20 juta, masalah karena masalah perizinan. Dan akhirnya fitur ini dinonaktifkan.

8. Facebook Online Offer
Pada 2012, Facebook mengijinkan pengiklan untuk memberikan penawaran berupa penawaran atau kupon di Facebook dan langsung bisa di "redeem". Namun kemudian facebook menghentikan ini dan lebih merujuk langsung ke web YBS.

9. Facebook Questions
Tahun 2010, saat memperbarui status Facebook memberikan semacam pertanyaan Polling. Fungsinya untuk membuat Polling untuk publik. Namun fitur ini sudah tidak ada lagi di beranda status namun masih bisa dijumpai di Facebook Group.

10. Facebook Physical Gift
Tahun 2013, kamu bisa mengirim hadiah ke teman-temanmu dengan fitur Physical gifts menggunakan Facebook Gifts. Namun entah karena tidak tahu atau kenapa 80% orang yang pakai ini tidak mengirim langsung, hanya memakai versi virtual saja. Akhirnya, produk ini dinonaktifkan.