Menjadi seorang karyawan kantor memang gampang gampang susah.
Kerjaannya kadang berat kadang ringan. Gajiannya udah pasti sebulan
sekali. Sekali tidak masuk langsung kena potongan. Dan banyak lagi
kendala lainnya, terutama masalah hubungan antar karyawan dan juga
antara karyawan dengan bos.
Kebanyakan karyawan mulai merasakan kejenuhan di tempat kerja karena
hal-hal tersebut. Selain itu mungkin juga karena memang kerjaannya
monoton dan itu itu saja, serta karena sudah banyak karyawan yang
mengundurkan diri dan telah berpindah lokasi kerja ke tempat lain.
Memang banyak alasan yang akan kita dapatkan ketika kita sudah merasa
jenuh dengan pekerjaan kita. Masalah gaji, rekan kerja, kondisi
pekerjaan, dan lain sebagainya pun akan terus kita jadikan kambing hitam
karena rasa jenuh kita.
Oleh karena itu, disini saya akan mencoba memberikan 4 Tips agar tetap semangat dalam bekerja.
1. Anggaplah Pekerjaan Sebagai Ibadah
Satu hal yang paling utama agar tidak jenuh dan tetap bisa untuk
mencintai pekerjaan adalah menganggap pekerjaan itu sebagai ibadah.
Karena dengan menganggap sebagai ibadah, kita akan selalu ikhlas
menjalaninya. Selain itu kita juga akan selalu tekun dan giat dalam
melaksanakan semua pekerjaan. Meskipun ada kejenuhan, kita akan tetap
memiliki semangat untuk berkerja, karena pekerjaan itu bukan hanya
rutinitas yang harus dilakukan, melainkan pekerjaan tersebut adalah
ibadah.
2. Menjalin Hubungan yang Baik dengan Rekan Kerja
Memiliki rekan kerja yang cocok dengan kita tentu akan sangat susah
sekali. Terlebih lagi jika kita bukanlah seseorang yang supel dan mudah
bergaul dengan siapa saja. Oleh karena itu, dalam pekerjaan kita harus
selalu menjalin hubungan baik dengan semua rekan kerja. Tujuannya
sederhana, yakni agar ketika kita jenuh, ada rekan yang mengingatkan
atau mengajak ngobrol serta bercanda agar kita bisa refresh lagi dan
segar kembali untuk menjalani pekerjaan kita.
3. Jangan Berdiam Diri di Tempat Saja
Meskipun Anda memiliki banyak pekerjaan di meja dan ruangan Anda. Tetap
saja Anda harus meluangkan sedikit waktu untuk berdiri dari kursi Anda
dan kemudian berjalan menuju ruangan lain atau sekedar menemui rekan
kerja kita untuk membicarakan hal lain di luar pekerjaan. Hal ini sangat
diperlukan agar kita tidak terlalu jenuh dengan pekerjaan kita hingga
akhirnya kita justru malas untuk melakukan rutinitas pekerjaan kita.
4. Manfaatkan Waktu Istirahat dan Libur Kerja untuk Refreshing Sejenak
Ini adalah tips yang paling saya gemari. Yakni melakukan refreshing
ketika istirahat atau libur kerja. Ketika istirahat kerja, Anda jangan
hanya diam dan makan siang saja. Anda juga bisa ijin keluar kantor
sejenak atau sekedar menuju kantin kantor untuk melakukan refreshing.
Selain itu, ketika libur kerja, jangan hanya digunakan untuk
bermalas-malasan dan tiduran saja di rumah. Gunakan waktu tersebut
sebaik-baiknya untuk refreshing ataupun sekedar jalan jalan keliling
kota ataupun menuju suatu desa yang masih hijau dan segar. Gunakan hari
libur sebaik-baiknya untuk melupakan sejenak rutinitas pekerjaan Anda
yang terkadang membosankan.